Lepas Ekspor Perdana Isuzu, Jokowi Ingin Ekspor Otomotif Raih USD 24 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta industri otomotif bisa menggenjot ekspor menjadi tiga kali lipat hingga 2024. Upaya menggenjot ekspor demi meraih surplus neraca perdagangan.

Ini Jokowi ungkapkan saat melepas ekspor 6.000 unit Isuzu Traga ke Filipina dari Pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Jokowi mengatakan jika langkah ekspor yang dilakukan Isuzu sejalan dengan keinginan pemerintah. Sebab kenaikan ekspor bisa berdampak pada mengecilnya defisit transaksi berjalan Indonesia dan neraca perdagangan bisa surplus. Posisi ekspor Indonesia yang kuat juga bisa membuat negara ini jauh dari tekanan negara-negara lain.

“Fokus kerja pemerintah sekarang ini adalah bagaimana mengurangi impor. Fokus kedua adalah bagaimana meningkatkan ekspor. Itulah mengapa saya mau datang ke Isuzu, karena ada ekspor perdana Isuzu Traga. Dalam tiga tahun ke depan (Isuzu Traga) akan masuk ke 20 negara di Afrika, Asia Timur, Timur Tengah, dan Amerika Selatan,” kata Jokowi.

Saat ini, ekspor otomotif Indonesia sekitar 300 ribu unit dengan nilai sekitar USD 8 miliar per tahun. Presiden meminta seluruh pelaku industri otomotif meningkatkan menjadi tiga kali lipat pada tahun 2024 dengan nilai ekspor mencapai USD 24 miliar.

“Saya minta Pak Prijono sampaikan ini ke seluruh keluarga besar otomotif. Tahun 2024 minimal satu juta unit harus keluar dari Indonesia. Caranya bagaimana? Saya tidak mau tahu,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, sebagai bangsa, jangan pernah pesimistis dengan angka-angka. Target tiga kali lipat harus diperoleh. Pesimistis kerap muncul karena tidak adanya kerja dengan target yang terukur dan realistis.

“Saya yakin bisa terwujud, defisit transaksi berjalan bisa teratasi. Negara kita akan menjadi production hub otomotif, ekspor ke semua negara. Itu target yang ingin kita capai dalam lima tahun ke depan. Ruang itu terbuka lebar. Makanya saya menghargai Isuzu Astra Motor Indonesia bisa melakukan ekspor perdana,” papar Presiden. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *